Selasa, 07 Juni 2022

IMPLEMENTASI USO-ICT BASIC TCRT (TEACH, LEARN, AND BE TAUGHT) SEBAGAI UPAYA SISTEM EDUKASI DI DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL).

Karya Ilmiah Remaja.

IMPLEMENTASI USO-ICT BASIC TCRT (TEACH, LEARN, AND BE TAUGHT) SEBAGAI UPAYA SISTEM EDUKASI DI DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL).

ABSTRAK

IMPLEMENTASI USO-ICT BASIC TCRT (TEACH, LEARN, AND BE TAUGHT) SEBAGAI UPAYA SISTEM EDUKASI DI DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL).

 Aisyah Ziyan Faradis1 , MAN 1 Pasuruan, aisyahziyanfaradis@gmail.com Intan Nur Fauziah Saputri2 , MAN 1 Pasuruan, intannurfauziah2@gmail.com Bukhori Mustofa, S.Pd, MAN 1 Pasuruan, bukhorimustofa647@gmail.com 

Daerah 3T merupakan daerah berkondisi kekurangan ICT. Kondisi tersebut menjadikan setiap individu malas untuk menerima perkembangan IT. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan peningkatan kualitas SDM. Tujuan penulisan gagasan visioner ini untuk memecahkan permasalahan edukasi yang terjadi di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) dengan mendayagunakan ICT (Information and Communication Technology) yang dianggap sebagai titik terang proses pembelajaran seiring pasca pandemi. Problematika pandemi secara tidak langsung memberikan inspirasi terhadap pendidikan di Indonesia. Alasannya pembelajaran daring mengakibatkan kualitas edukasi di setiap daerah merata. Adanya keterkaitan ini penulis menggagas suatu ide mengenai implementasi edukasi dengan strategi USO-ICT (Universal Service Obligation-Information and Communication Technology). USO-ICT merupakan strategi pemanfaatan kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika. Pemanfaatan kewajiban pemerintah yang dimaksud adalah memfasilitasi perangkat ICT berupa software dan hardware, seperti jaringan, gawai, komputer, laptop, ataupun lainnya, sehingga penyebaran teknologi dapat merata. USO-ICT dijalankan dengan basic TCRT (Teach, Learn, and be Taught). TCRT yang dimaksud adalah penerapan sistem edukasi dengan metode mengajar, belajar, dan diajar. Metode yang dimaksud adalah pendidik mengajarkan penerapan ICT-USO dengan memberikan materi dasar, kemudian tiap individu dapat belajar dari materi yang diberikan, dan terakhir terdapat penilaian berbasis uji praktik untuk mengukur kemampuan IT. Adapun basic TCRT yaitu dengan cara mendatangkan komunitas relawan seperti mahasiswa, guru, dan dosen yang memiliki kemampuan TIK. Penerapan TCRT ini melalui proses seleksi dari pihak pemerintah (kemendikbudristek) untuk menemukan pendidik yang unggul. Strategi USO-ICT basic TCRT sejalan dengan program kampus merdeka sebab pendidik dari berbagai jenjang dapat berkreasi untuk mengajarkan dan menciptakan teknologi di daerah 3T. Implementasi USOICT basic TCRT dapat menjadikan pelajar dan masyarakat di daerah 3T ‘melek teknologi’ sehingga diharapkan mampu menciptakan teknologi IT seperti website, aplikasi, dan lainnya. Adanya gagasan ini dapat memberikan kontribusi pada sistem edukasi di masa pandemi maupun pasca pandemi. 

Kata Kunci : Implementasi, USO-ICT, TCRT, Sistem Edukasi, 3T.


TERIMA KASIH..
SEMOGA BERMANFA`AT....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh CV Biodata Pemateri

                      BIODATA PEMATERI Guna pengajuan Menjadi Pemateri Guepedia Nama. : Intan Nur Fauziah Saputri NIP. ...