Karya Ilmiah Remaja.
IMPLEMENTASI USO-ICT BASIC TCRT (TEACH, LEARN, AND BE TAUGHT) SEBAGAI UPAYA SISTEM EDUKASI DI DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL).
ABSTRAK
IMPLEMENTASI USO-ICT BASIC TCRT (TEACH, LEARN, AND BE
TAUGHT) SEBAGAI UPAYA SISTEM EDUKASI DI DAERAH 3T
(TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL).
Aisyah Ziyan Faradis1
, MAN 1 Pasuruan, aisyahziyanfaradis@gmail.com
Intan Nur Fauziah Saputri2
, MAN 1 Pasuruan, intannurfauziah2@gmail.com
Bukhori Mustofa, S.Pd, MAN 1 Pasuruan, bukhorimustofa647@gmail.com
Daerah 3T merupakan daerah berkondisi kekurangan ICT. Kondisi
tersebut menjadikan setiap individu malas untuk menerima perkembangan IT.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan peningkatan kualitas SDM.
Tujuan penulisan gagasan visioner ini untuk memecahkan permasalahan edukasi
yang terjadi di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) dengan
mendayagunakan ICT (Information and Communication Technology) yang
dianggap sebagai titik terang proses pembelajaran seiring pasca pandemi.
Problematika pandemi secara tidak langsung memberikan inspirasi terhadap
pendidikan di Indonesia. Alasannya pembelajaran daring mengakibatkan kualitas
edukasi di setiap daerah merata. Adanya keterkaitan ini penulis menggagas suatu
ide mengenai implementasi edukasi dengan strategi USO-ICT (Universal Service
Obligation-Information and Communication Technology).
USO-ICT merupakan strategi pemanfaatan kewajiban pemerintah untuk
memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika.
Pemanfaatan kewajiban pemerintah yang dimaksud adalah memfasilitasi perangkat
ICT berupa software dan hardware, seperti jaringan, gawai, komputer, laptop,
ataupun lainnya, sehingga penyebaran teknologi dapat merata. USO-ICT dijalankan
dengan basic TCRT (Teach, Learn, and be Taught). TCRT yang dimaksud adalah
penerapan sistem edukasi dengan metode mengajar, belajar, dan diajar. Metode
yang dimaksud adalah pendidik mengajarkan penerapan ICT-USO dengan
memberikan materi dasar, kemudian tiap individu dapat belajar dari materi yang
diberikan, dan terakhir terdapat penilaian berbasis uji praktik untuk mengukur
kemampuan IT.
Adapun basic TCRT yaitu dengan cara mendatangkan komunitas relawan
seperti mahasiswa, guru, dan dosen yang memiliki kemampuan TIK. Penerapan
TCRT ini melalui proses seleksi dari pihak pemerintah (kemendikbudristek) untuk
menemukan pendidik yang unggul. Strategi USO-ICT basic TCRT sejalan dengan
program kampus merdeka sebab pendidik dari berbagai jenjang dapat berkreasi
untuk mengajarkan dan menciptakan teknologi di daerah 3T. Implementasi USOICT basic TCRT dapat menjadikan pelajar dan masyarakat di daerah 3T ‘melek
teknologi’ sehingga diharapkan mampu menciptakan teknologi IT seperti website,
aplikasi, dan lainnya. Adanya gagasan ini dapat memberikan kontribusi pada sistem
edukasi di masa pandemi maupun pasca pandemi.
Kata Kunci : Implementasi, USO-ICT, TCRT, Sistem Edukasi, 3T.
TERIMA KASIH..
SEMOGA BERMANFA`AT....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar