Minggu, 06 November 2022

KARYA AKHIR INTAN NUR FAUZIAH SAPUTRI

1.1 Latar Belakang

     Perpustakaan merupakan sarana yang sangat penting dalam suatu lembaga khusunya dibidang Pendidikan. karena perpustakaan memiliki peranan penting dalam hal menyediakan informasi yang berkaitan dengan komunikasi dan pengetahuan, Menurut Sulityo-Basuki (1991:3) Perpustakaan adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku maupun terbitan lain yang berhubungan pada konsep literasi . Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan efektifitas pendidikan khususnya dibidang literasi dapat didukung dengan kehadirannya perpustakaan. Seperti yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan terdapat sebuah perpustakaan non digital yang berisi kumpulan dari beberapa buku, jurnal, atau terbitan lain baik berupa fiksi maupun nonfiksi sebagai penunjang kegiatan belajar dan mengajar pada setiap harinya. Di antara pelaku pengguna perpustakaan berasal dari kalangan guru ataupun siswa yang ada di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan.
     Dalam hal ini antara perkembangan teknologi dan komunikasi kerap sekali ditemukan beberapa aplikasi penunjang dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya dengan adanya perpustakaan digital yang mampu diakses oleh siswa maupun dewan guru hanya melalui sebuah gawai Android.
     Perpustakaan digital merupakan perpustakaan modern yang sudah menggunakan sistem otomasi dalam operasionalnya serta mempunyai koleksi bahan pustaka dalam bentuk format digital yang disimpan dalam arsitektur maupun komputerisasi dan bisa diakses melalui komputer, handphone, maupun labtop.
     Ide tentang konsep dasar perpustakaan digital muncul pertama kali pada bulan Juli 1945 oleh Vannevar Bush Beliau mengeluhkan penyimpanan informasi manual yang ada pada perpustakaan karena dapat mempengaruhi keterhambatan dalam mengakses sebuah buku maupun lainnya sehingga dengan masalah tersebut akhirnya diberi konsep oleh Vannervar Bush dengan mengajukan ide untuk membuat perpustakaan pribadi yang didalamnnya memuat buku digital, jurnal digital, maupun media informasi lainnya.
     Dengan adanya ide konsep pemikiran untuk menciptakan sebuah aplikasi perpustakaan igital akhirnya bisa di terapkan oleh beberapa Lembaga namun belum terdapat di Lembaga kita yakni Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan merupakan salah satu Madrasah Aliyah Negeri yang memperoleh gelar madrasah research and teckhnologi yang berada di Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa kurang lebih 1.300 orang lebih dengan jumlah guru sekitar 60 orang. Dalam hal ini kerap kali kita temui berbagai aplikasi penunjang saat kegiatan belajar mengajar berlangsung seperti adanya rapot digital madrasah, E- Learning, maupun aplikasi lainnya. Namun penulis masih belum menjumpai adanya sebuah aplikasi berupa perpustakaan digital yang terdapat pada perpustakaan yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan.
      Dari berbagai masalah tersebut, pelajar akan beralih menggunakan media digital sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar melalui sebuah aplikasi yang digunakan untuk mencari data informasi maupun data lainnya hanya melalui handphone atau alat digital yang tersabung oleh data internet. Hal ini dapat berpengaruh pada fungsi adanya aplikasi digital yang memudahkan pelajar ketika mencari data detail isi buku seperti tahun terbit, penulis buku, sinopsis, tanggal terbit, dan lainnya
     Berdasarkan beberapa permasalah tersebut, maka solusi yang dibutuhkan oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan yakni adanya sebuah aplikasi perpustakaan digital karena dengan adanya perpustakaan digital pelajar mampu mengetahui data isi buku dengan memasukkan kode buku melalui barcode serta masuk pada sebuah aplikasi yang didalamnnya terdapat buku-buku yang berbentuk elektronik atau yang kita sebut sebagai e-book sehingga selalu tersedia dan dapat diunduh setiap saat.
     Maka dari itu dalam penyusunan Karya Akhir ini, penulis mencoba membuat sebuah aplikasi perpustakaan digital menggunakan scan barcode yang memanfaatkan teknologi android untuk memudahkan pelajar dalam memahami konsep pembuatan dan penggunaan aplikasi. Aplikasi ini dibuat semenarik mungkin yaitu dengan cara memunculkan icon dan beberapa sistem yang dapat menarik minat dan motivasi pelajar untuk menggunakan aplikasi ini.
     Adapun keunggulan aplikasi ini yaitu dilengkapi dengan scan barcode yang nantinya bisa mengetahui detail isi buku, kumpulan beberapa buku eletronik yang bisa dibaca kapanpun dan dimanapun, item mengenai informasi mengenai Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan serta berbagai fitur lainnya untuk memudahkan minat literasi siswa maupun sekitarnya. Oleh karena itu, Penulis tertarik untuk Menyusun Karya Akhir ini dengan judul
“Pembuatan Aplikasi Scan Barcode Perpustakaan Digital MAN 1 Pasuruan Berbasis Android Menggunakan MIT APP Inventor 2”

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dapat dituliskan sebagai berikut:
1.2.1 Bagaimana proses pembuatan aplikasi Scan Barcode perpustakaan digital MAN 1 Pasuruan berbasis android menggunakan MIT APP Inventor 2?
1.2.2 Bagaimana tampilan hasil pembuatan aplikasi Scan Barcode perpustakaan digital MAN 1 Pasuruan berbasis android menggunakan MIT APP Inventor 2?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan Karya Akhir ini adalah:
1.3.1 Untuk mengetahui proses pembuatan aplikasi Scan Barcode perpustakaan digital MAN 1 Pasuruan berbasis android menggunakan MIT APP Inventor 2.
1.3.2 Untuk mengetahui tampilan hasil akhir dari proses pembuatan aplikasi Scan Barcode perpustakaan digital MAN 1 Pasuruan berbasis android menggunakan MIT APP Inventor 2.

1.4 Batasan Masalah
Agar Penulisan Karya Akhir ini lebih terarah, maka terdapat beberapa batasan masalah yakni:
1.4.1 Penulis hanya membahas pembuatan aplikasi Scan Barcode perpustakaan digital secara rinci yang didalamnya terdapat fitur Scan Barcode, profil madrasah, kumpulan buku digital dan materi mengenai literasi.
1.4.2 Penulis menggunakan aplikasi MIT APP Inventor 2 yang bersumber dari website untuk memudahkan semua orang khususnya pelajar madrasah dalam mengakses aplikasi ini.


1.5 Manfaat Penulisan
Hasil dari penulisan dan pembuatan projek Karya Akhir ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak.
Adapun manfaat pembuatan Karya Akhir ini sebagai berikut:
1.5.1 Bagi penulis
- Sebagai syarat penyelesaian program prodistik dengan pembuatan Karya Akhir ini
- dapat mengasah keamampuan untuk mengembangkan bakat khususnya dibidang kepenulisan dan IT
1.5.2 Bagi Pembaca
Dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan pembuatan aplikasi Scan Barcode perpustakaan digital MAN 1 Pasuruan menggunakan MIT APP Inventor 2
1.5.3 Bagi Lembaga Pendidikan Madrasah
Dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan literasi dan pembelajaran sebagai menunjang pengembangan madrasah khusunya dibidang riset dan teknologi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh CV Biodata Pemateri

                      BIODATA PEMATERI Guna pengajuan Menjadi Pemateri Guepedia Nama. : Intan Nur Fauziah Saputri NIP. ...