Ditulis oleh Intan Nur Fauziah Saputri
Copywriting merupakan suatu cara menulis yang digunakan sebagai konten pemasaran ataupun iklan, yang mampu mempengaruhi khalayak umum untuk membeli sebuah produk ataupun mengkomsusinya (Qoudri, 2022). Di dalam copy writing diperlukan kata-kata menarik yang mampu mengikat orang lain agar tertarik dengan suatu barang yang dipaparkan. Untuk pemasaran copy writing bisa dilakukan di media sosial berbentuk poster ataupun periklanan, yang kemudian disebarluaskan (Muna, 2023).
Adapun penulisan copy writing harus jelas dan singkat, padat, tanpa berbelit-belit. Karena hanya sekali baca dalam sekali penglihatan mata. Manfaat copy writing yakni mampu menghasilkan uang melalui tulisan serta mampu memberikan peluang bagi perusahaan untuk mengiklankan produknya (Azman, 2022).
Sebelum penulis membuat contoh tentang copy writing terkait produk yakni:
Toko Fauziah memiliki produk makanan kue basah berupa makanan tradisional kue lumpur khas Sidoarjo. akan tetapi di kemas menjadi makanan modern karena adanya percampuran bahan daun kelor, labu kuning, dan ikan kembung yang dapat menambah kandungan gizi pada suatu makanan. Terlebih ikan kembung biasanya digunakan sebagai makanan pendamping balita agar tidak terjadi stunting.
Contoh Copy Writing
“Milombon Cake, Kue Lumpur modern percampuran bahan daun kelor, labu kuning, dan ikan kembung. Resep rahasia camilan sehat anak usia dini dan ibu hamil, serta atasi pencegahan masalah stunting. Segera kunjungi toko kue Fauziah untuk membelinya!, kami sedang ada promo besar-besaran lho...
Langsung Gercep Kunjungi di alamat Jl. Babat Randupitu Depan Restoran Ikan.
Daftar Pustaka
Azman, A. (2022). Peran Copywriting Media Sosial Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik, 1-10.
Muna, N. (2023). Peran Copy Writer Dalam Membangun Brand. Jurnal Sosial Humaniora, 1-10.
Qoudri, N. (2022). Peran Copywriter Dalam Pembuatan Konten Sebagai Sarana Media Informasi Digital Pada Dinas Kominfo Sumenep. Jurnal Managemen, 1-10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar